MANFAAT BLOG UNTUK SISWA….

images.jpgPengabdian Tiada Batas

Senin, September 17, 2007

Tutorial Blog Pendidik

Tulisan kemarin mengenai panduan blog pendidik membahas sedikit tentang teknis membuat blog. Namun pada bahasan saat ini menekankan tentang pentingnya blog bagi pendidik dan cara penggunaannya. Pendidik sebagaimana kita pahami merupakan sumber informasi dan sekaligus motivator agar potensi yang ada dalam diri anak didik berkembang secara optimal. Weblog merupakan wadah dan sumber infromasi secara terus menerus. Kapan saja siswa dan wali murid dapat melihat dan menyampaikaninformasi timbal balik. Nah dari weblog dapat ditanamkan sugesti positif kepada siswa setiap saat, tiap hari selama 24 jam.

Bagaimana membangun weblog agar benar-benar bermanfaat untuk pendidik, siswa dan orang tua siswa termasuk masyarakat secara umum? Contoh blognya dapat diklik milik Mas Fajar Baskoro

Pertama mari kita rumuskan persepsi, visi, misi weblog sebagai sarana belajar mengajar. Dari rumusan tersebut akan didapatkan nilai manfaatnya, tujuannya, dan bahkan isi yang akan dimasukkan.

Kedua ciptakan weblog sebagai kolaborasi, sarana berbagi dan melibatkan seluruh potensi kelas.

Ketiga isilah di dalamnya presentasi pembelajaran yang interaktif, berilah grafik dan tulisan warna warni dengan ilustrasi gambar bergerak. Usahakan ada upaya dari siswa mencari informasi. Menemukan bahan-bahan pembelajaran kemudian diadakan umpan balik. Dari sini akan muncul kemitraan pemebelajaran.

Keempat weblog sebagai wadah menampung apa saja hasil karya siswa, prestasi, uneg-uneg, saran, curhat, kritik pada guru, pada kepala sekolah, pada orang tua dan Pengalaman pribadi dalam uji coba teori dan lainnya. Dari upaya ini akan terjadi penampilan hasil belajar secara online.

Apakah semua pendidik dapat membuat weblog? Ini yang sering ditanyakan saat dialog tentang weblog untuk pendidik. Seolah-olah kecerdasan yang dimiliki para pendidik masih belum memadai. Kita sampaikan secara jelas, bahwa setiap pendidik mampu dan mampu secara optimal menciptakan blog untuk pendidikan. Menciptakan weblog seperti berbicara di depan kelas saja. Hanya saja bentuk bicara kita, saat ini kita alihkan dalam bentuk tulis. Kebiasaan kita menerangkan tanpa konsep, saat ini kita konsep. Jika kita mengambil materi dari berbagai sumber kemudian anak didik disuruh mencatat atau kita mendiktekan, maka saat ini anak didik mengetahu sumber informasi dan materi yang kita ambil. Anak didik kita tidak perlu mencatat lagi cukup klik ambil materi, membaca, mendalami kemudian mengkritisinya dengan pertanyaan. Boleh bertanya secara online. Kenapa tidak?

Apakah dengan kehadliran sarana belajar dengan weblog akan menganti peran guru dalam mengajar secara tatap muka? Tentu kita tegaskan di sini, tidak. Sekali lagi tidak bisa tatap muka pembelajaran diganti dengan weblog atau teknologi internet. Pembelajaran tatap muka merupakan sarana komunikasi menanamkan nilai-nilai. Sedangkan weblog ada sumber informasi nilai. Sumber informasi nilai ini tidak bermakna bila tidak ada kehadliran secara langsung guru, para pendidik. Siswa mungkin bisa salah tafsir. Atau mungkin salah pemahaman dan lainnya. Nah kita hanya meletakkan, bahwa weblog hanya sebagai sumber informasi hasil karya guru, karya siswa, karya orang tua siswa dan masyarakat secara umum.

Apakah dengan weblog akan menjadikan anak-anak sekolah kecanduan internet? Nahhh, inilah delima pendidikan kita. Maksud saja ada delima anak didik kita. Saat ini setiap anak kita berselayar di depan internet selalu mencari menu game, gambar-gambar porno, lagu-lagu kesayangannya, gambar hantu dan segala hal yang tidak ada kaitannya dengan pendidikan. Justru kehadiran blog kelas, blog sekolah, blog pribadi anak akan memberi manfaat untuk mengarakan agar waktu yang dimmanfaat untuk internet bener-bener waktu untuk belajar. Materi yang dicari terkait dengan belajar. Jika setiap saat dengan weblog waktu anak sudah tersibukkan, maka mereka akan melupakan hal-hal yang negatif yang ada di internet. Bener-bener internet untuk belajar.

Jika di weblog ditampilkan soal-soal secara online apakah tidak menjadikan anak-anak bodoh? Karena sudah mengetahu soal ujian terlebih dahulu. Ini persepsi yang harus didiskusikan. Saat ini contoh soal ujian tahuan lalu juga sudah dicetak oleh penerbit dan anak-anak juga dapat beli. Demikian pula soal-soal ujian yang kita publikasikan di weblog seperti itu. Jadi justru memberi rangsangan anak-anak belajar mengerjakan soal-soal.

Kalau saat ini sedang dirintis sekolah bertaraf internasioanl (SBI) diberbagai daerah, maka sangatlah tepat menyambut kehadliran weblog guna melengkapi kegagahannya. Maksudnya agar efektif pembelajarannya. Di daerah kami anak-anak SMP SBI diwajibkan mempunyai laptop, komputer jinjing. Mereka kemana-mana secara gagah memamerkannya.

Dari: http://pustakamawar.wordpress.com/2007/09/17/tutorial-blog-pendidik/

~ oleh raygeal pada Maret 6, 2008.

Satu Tanggapan to “MANFAAT BLOG UNTUK SISWA….”

  1. Salah satu bentuk pengabdian guru dalam pemdidikan adalah mengembangkan pembelajaran di kelas berbantuan blog. Dengan adanya beberapa materi, latihan, ataupun informasi di blog tentang pelajaran tertentu dapat membantu menciptakan suasana pembelajaran yang berbeda dan dipastikan tidak membosankan. Pembelajaran yang menbosankan sangat didambakan siswa. Jadi sudah barang tentu pembelajaran semacam ini selalu dinantikan banyak siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: